GOOGLE ADWORDS



Google Adwords merupakan layanan periklanan dari Google yang memanfaatkan mesin pencari Google beserta situs-situs yang berafiliasi dengannya. Iklan tersebut akan muncul dalam bentuk teks yang ditampilkan pada posisi tertentu di halaman hasil pencarian Google. Tentu saja teks iklan yang muncul akan di sesuaikan dengan kata kunci pencarian tertentu. Misalnya kita memasukkan kata kunci "handphone terbaru" karena berencana membeli handphone. Maka halaman tertentu hasil pencarian akan muncul beberapa iklan yang kemungkinan besar berasal dari pengusaha atau penjual handphone. Iklan tersebut ditayangkan dalam wujud teks yang mengandung Hyperlink menuju situs tertentu. Itu sebabnya iklan semacam ini sering disebut dengan sponsored link.



Model pembayaran Google AdWords adalah pay per click (PPC) dengan model ini, pemasang iklan hanya membayar ke Google hanya bila iklan tersebut di klik oleh pengguna. Berapa jumlah yang dibayarkan ? itu tergantung pada semacam lelang yang dilakukan untuk mendapatkan lokasi terbaik pada pemasangan iklan. Lelang ini sebenarnya dilakukan terhadap kata kunci tertentu. Google tentunya memiliki kriteria tentang harga lelang terhadap kata kunci tertentu. Makin sering suatu kata kunci dicari melalui Google, tentunya akan makin  tinggi harga lelangnya. Harga lelang untuk suatu kata kunci biasanya dinamakan Cost per Click (CPC), jika pemasang iklan berani melelang dengan harga yang sangat tinggi untuk suatu kata kunci, peluang iklan tersebu yang muncul pada peringkat pertama akan makin tinggi.

Dalam pemasangan iklan, para pemasang iklan dapat memilih beberapa opsi kecocokan kata kunci yang menentukan munculnya iklan. Opsi-opsi tersebut adalah :

  • BroadMatch : menampilkan iklan ketika kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna Google.
  • Negative Match: justru tidak menampilkan iklan ketika kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna Google
  • Phrase Match menampilkan iklan untuk pencarian kata kunci yang cocok dengan frasa tertentu.
  • Exact Match menampilkan iklan untuk pencarian kata kunci yang tepat dengan frasa tertentu secara exsklusif.
Untuk membantu calon pemasang iklan, Google menyediakan peranti bantu yang bernama Google Keyword Tool. Dengan piranti ini pemasang iklan dapat menyelidiki seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, dimana lokasinya, bahkan melalui piranti apa. Dengan demikian, para pemasang iklan bisa melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melelang kata kunci tertentu.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar