Model pembayaran Google AdWords adalah pay per click (PPC) dengan model ini, pemasang iklan hanya membayar ke Google hanya bila iklan tersebut di klik oleh pengguna. Berapa jumlah yang dibayarkan ? itu tergantung pada semacam lelang yang dilakukan untuk mendapatkan lokasi terbaik pada pemasangan iklan. Lelang ini sebenarnya dilakukan terhadap kata kunci tertentu. Google tentunya memiliki kriteria tentang harga lelang terhadap kata kunci tertentu. Makin sering suatu kata kunci dicari melalui Google, tentunya akan makin tinggi harga lelangnya. Harga lelang untuk suatu kata kunci biasanya dinamakan Cost per Click (CPC), jika pemasang iklan berani melelang dengan harga yang sangat tinggi untuk suatu kata kunci, peluang iklan tersebu yang muncul pada peringkat pertama akan makin tinggi.
Dalam pemasangan iklan, para pemasang iklan dapat memilih beberapa opsi kecocokan kata kunci yang menentukan munculnya iklan. Opsi-opsi tersebut adalah :
- BroadMatch : menampilkan iklan ketika kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna Google.
- Negative Match: justru tidak menampilkan iklan ketika kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna Google
- Phrase Match menampilkan iklan untuk pencarian kata kunci yang cocok dengan frasa tertentu.
- Exact Match menampilkan iklan untuk pencarian kata kunci yang tepat dengan frasa tertentu secara exsklusif.
Untuk membantu calon pemasang iklan, Google menyediakan peranti bantu yang bernama Google Keyword Tool. Dengan piranti ini pemasang iklan dapat menyelidiki seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, dimana lokasinya, bahkan melalui piranti apa. Dengan demikian, para pemasang iklan bisa melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melelang kata kunci tertentu.
0 komentar:
Posting Komentar