Kembali ke Artikel
Pengunjung Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :
1. Total Kunjungan
2. Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda)
3. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog
4. Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini dikategorikan sebagai pengunjung setia
5. Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
6. Asal negara pengunjung dan bahasa yang digunakan pengunjung
7. Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung
8. Resolusi monitor pengunjung
9. Jenis gadget yang digunakan pengunjung
10. Kecepatan koneksi pengunjung
11. ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut Google Analytics juga memberikan laporan detil tentang dari mana pengunjung menemukan blog kita.
Hal-hal yang bisa dilihat adalah :
1. Asal kunjungan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO (Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
2. Persentase asal kunjungan.
3. Keyword yang menjadi sumber trafik. Dari sini bisa dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi pengunjung blog.
Pada bagian konten, dapat melihat laporan yang rinci mengenai :
1. Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
2. Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog.
Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1 dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa konten di blog kurang menarik perhatian pengunjung
Fungsi Google Analytics Untuk Blog Tools yang umum digunakan oleh blogger untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengunjung blog adalah Google Analytics.
Secara umum fungsi Google Analytics adalah:
Mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total.
Jumlah pengunjung juga bisa dikategorikan pada pengunjung baru dan pengunjung berulang Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi berikut jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman
Mengetahui berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog
Mengetahui sumber kedatangan pengunjung.
Pilihannya adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya Mengetahui asal negara pengunjung
Fungsi Khusus Google Analytics
Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih detail tentang pengunjung. Berikut ini hal-hal detil yang bisa diketahui yang bisa didapat dari Google Analytics :
Pengunjung Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :
1. Total Kunjungan
2. Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda)
3. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog
4. Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini dikategorikan sebagai pengunjung setia
5. Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
6. Asal negara pengunjung dan bahasa yang digunakan pengunjung
7. Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung
8. Resolusi monitor pengunjung
9. Jenis gadget yang digunakan pengunjung
10. Kecepatan koneksi pengunjung
11. ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut Google Analytics juga memberikan laporan detil tentang dari mana pengunjung menemukan blog kita.
Hal-hal yang bisa dilihat adalah :
1. Asal kunjungan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO (Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
2. Persentase asal kunjungan.
3. Keyword yang menjadi sumber trafik. Dari sini bisa dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi pengunjung blog.
Pada bagian konten, dapat melihat laporan yang rinci mengenai :
1. Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
2. Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog.
Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1 dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa konten di blog kurang menarik perhatian pengunjung
0 komentar:
Posting Komentar